Kegiatan Yoga dan Meditasi di Ceedha

Kegiatan Yoga dan Meditasi di Ceedha

Dalam mengisi waktu luang sehabis penilaian akhir semester dua seluruh siswa kelas tujuh dan delapan SMP Cipta Dharma yang dikoordinir oleh pengurus OSIS melaksanakan kegiatan yoga dan meditasi selama dua hari tepatnya pada tanggal 12 dan 13 Juni 2019. Kegiatan ini dipandu oleh Bapak Made Kartu Arsana pensiunan guru SMP Cipta Dharma yang sudah lama menekuni yoga dan meditasi bersama Bapak I Putu Tirta Genep guru TIK (Komputer) SMP Cipta Dharma yang sedang menekuni meditasi dan yoga. Siswa dengan antusias mengikuti kegiatan ini yang dapat dibuktikan dengan seluruh siswa membawa alas atau matras dan memakai seragam pramuka. Kegiatan hari pertama dan kedua berlangsung dari jam 07.30 sampai jam 10.00 pagi di halaman terbuka SMP Cipta Dharma. Banyak hal baru yang didapatkan oleh siswa dalam mengikuti kegiatan ini seperti teknik mengolah nafas dan gerakan dasar yoga. Pada kegiatan ini Bapak Kartu menjelaskan pengertian yoga dan meditasi. Lanjut didalam pemaparannya mengatakan sangat bermanfaat sekali kegiatan yoga dan meditasi ini untuk kalangan pelajar terutama untuk kesehatan dan konsentrasi. Lanjut kata beliau, dengan berlatih yoga dan meditasi dengan tekun nanti akan merasakan adanya keajaiban atau kebetulan-kebetulan atau berkah-berkah yang positif. Misalnya jika siswa mengalami permasalahan baik masalah, pribadi maupun dengan sekolah atau keluarga, siswa tersebut akan dengan sabar menyikapi masalah tersebut dan dengan segera masalah tersebut dapat dipecahkan. Siswa akan bermental kuat dalam menghadapi segala masalah. Siswa akan mampu memfilter kegiatan mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak patut dilakukan, terlebih dalam perkembangan globalisasi sekarang ini. Beliau juga memaparkan siswa akan lebih mengetahui siapa jati dirinya yang sebenarnya dan juga siswa akan terlatih lebih sabar dalam kehidupannya.

Pada hari kedua Bapak I Putu Tirta Genep juga mendapat kesempatan memandu kegiatan ini. Dengan suasana mendung dan sedikit gerimis Pak Tirta mengawali dengan yel-yel yang sudah tidak asing lagi bagi siswa yaitu “saya sehat, saya sukses, saya pintar, saya cerdas, saya pasti bisa, ooo yess” dengan semangat seluruh siswa mengikutinya. Pak Tirta juga mengajak siswa untuk melatih diri untuk selalu tersenyum dengan cara saling pandang dengan teman dan tersenyum. Pada kesempatan ini juga diperkenalkan yoga tertawa yang terasa aneh bagi siswa, sehingga ada yang mengikuti dan ada yang begong saja atau tersenyum atau tertawa melihat pemandunya tertawa.

Pada hari kedua ini saat Bapak Kartu memadu kegiatan ini gerimis semikin deras, dan siswa mulai bertanya-tanya atau gelisah. Bapak Kartu mengatakan tenang saja dan nikmati saja sebentar lagi reda dan Tuhan tidak akan menyia-menyiakan pencerahan yang penting yang harus siswa dengarkan. Benar saja gerimis mulai menghilang dan sampai akhir kegiatan cuaca kembali cerah.

Waka Kesiswaan SMP Cipta Dharma Ibu Rusma, yang menggagas kegiatan ini bersama OSIS, sangat menyambut baik kegiatan ini dan beliau berharap diwaktu-waktu senggang seperti sehabis ulangan umum atau penilaian akhir sekolah kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan kembali. Sekian

Penulis: I Putu Tirta Genep

2 thoughts on “Kegiatan Yoga dan Meditasi di Ceedha

  1. budaya literasi terus kita tumbuhan demi pendidikan sekolah anak anak supaya lebih menumbuhkan minat baca dan menulis demi masa depan anak didik kita….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *