MPLS SMP Cipta Dharma Denpasar Tahun Pelajaran 2019/2020

Oleh : Dra. Ni Wayan Rusma Susilawati

Libur sekolah telah usai, saatnya kamu bersiap menyambut tahun ajaran baru. Mungkin kalau kamu yang tahun ini akan naik kelas, kamu akan “mengulang” hari pertama sekolah kamu seperti tahun ajaran baru sebelumnya. Tapi apa kabar, nih, buat kamu yang baru aja naik tingkat alias baru jadi siswa SMP ?

Masuk lingkungan baru, tentunya bikin kamu terpapar dengan berbagai hal-hal baru (ngak Cuma mata pelajaran) dan mau ngak mau kamu harus bisa beradaptasi didalamnya. Ngak heran meskipun kegiatan belajar mengajar (KBM) belum 100% aktif, hari-hari pertama tahun ajaran baru terasa lebih melelahkan. Belum lagi ikutan masa pengenalan lingkungan sekolah.

Sesungguhnya hari-hari pertama sekolah adalah hal paling penting untuk kamu jalani dengan sepenuh hati. Soalnya, berhubung masa pengenalan, akan ada banyak kegiatan dan informasi-informasi penting yang akan berguna di kemudian hari yang tentunya ngak boleh kamu lewatkan-apalagi dilupakan. Jadi, jangan sampai bolos di hari-hari pertama sekolah kecuali memang ada keperluan lain yang tidak bisa dihindari ya.

Agar kamu dapat beradaptasi dengan lancar disekolah baru dan menjalani masa pengenalan lingkungan sekolah dengan aman dan damai, Ibu Guru punya tips yang pastinya sangat Keceee, Yuk, simak !

MASA PENGENALAN LINGKUNGAN SEKOLAH ? SIAPA TAKUT ?

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang diselenggarakan oleh pihak sekolah adalah untuk memperkenalkan almamater kepada para siswa, terutama peserta didik baru. Ngak Cuma perkenalan dengan sesama siswa baru, senior, guru, hingga karyawan lainnya disekolah, tapi juga pengenalan berbagai macam kegiatan rutin serta komponen sekolah lain berupa aturan, norma, budaya dan tata tertib yang berlaku didalamnya.

Beberapa tahun lalu, kegiatan ini dikenal dengan nama Masa Orientasi Siswa (MOS) yang bertujuan untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. Bisa dibilang kegiatan MOS cukup kontroversial dikalangan siswa dan dunia pendidikan secara umum karena dianggap tidak mendidik serta mengundang senioritas dan perpeloncoan. Duh !

Setelah dikaji ulang oleh Mentri Pendidikan dan Kebudayaan, akhirnya Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Permendikbud No 18 Tahun 2016 yang berisikan tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah yang menghilangkan stigma negatif tentang pelaksanaan masa orientasi siswa yang terjadi saat ini.

Tips Mempersiapkan Diri Menyambut Hari Pertama Sekolah

Ngak Cuma ujian aja, lho, gaes yang butuh persiapan. Kamu pun juga harus mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk hari pertamamu di tahun ajaran baru dan di sekolah baru. Tentunya kamu ingin memberikan kesan pertama yang baik dan mendapatkan pengalaman yang menyenangkan di hari pertama bersekolah dan menjalani MPLS.

Percaya atau ngak, pengalaman dan kesan yang akan kamu dapatkan di hari-hari pertama sekolah akan mempengaruhi mood kamu selama satu tahun ke depan, lho, banyak banget, dong kalau mood yang buruk mempengaruhi motivasi kamu untuk belajar di tahun ajaran ini.

Agar kamu bisa mempersiapkan diri sebaik mungkin menghadapi hari pertama sekolah, berikut adalah persiapan dan tips yang harus kamu lakukan dalam beberapa hari sebelum hari pertama (bahkan dari jauh-jauh hari) sekolah dimulai.

  1. Mencari teman senasib sepenanggungan untuk bertukar informasi
  2. Persiapkan barang dan perlengkapan lain yang diperlukan di hari pertama
  3. Membawa bekal
  4. Tidur yang cukup
  5. Siapkan ceklist kegiatan yang harus kamu lakukan di minggu pertama sekolah

Nah, itu dia tipsnya, semoga bermanfaat ya.(Rusma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *