4 Alasan Mengapa Kamu Harus Belajar Coding

Oleh : Gr. Putu Eka Putra, S.Si, M.Pd

Seperti membaca dan menulis, belajar coding membuka banyak kesempatan pada kita, terlebih lagi di era yang serba digital ini. Bagi kamu yang belum tahu, kode adalah bahasa yang digunakan untuk membuat program komputer, aplikasi handphone dan website. Seperti halnya bahasa-bahasa yang ada didunia, ada berbagai macam jenis bahasa pemrograman seperti HTML, Javascript dan Python. Walau mungkin bagi sebagian orang, coding bisa terlihat sangat rumit, tapi saat ini banyak kok cara untuk mulai belajar dan lebih banyak lagi alasan untuk mempelajarinya, Yuk, simak 4 alasan utama kenapa kamu harus belajar coding !

  1. Bahasa Masa Depan

Menggunakan gadget dan membuka aplikasi sudah menjadi kegiatan kita sehari-hari. Dengan paparan teknologi yang begitu tinggi tidak ada salahnya kita mengenal bahasa yang ada di baliknya. Walaupun kamu tidak berminat untuk membuat website atau bekerja di industri teknologi, belajar sedikit tentang HTML dan CSS tidak ada ruginya, karena dibidang apapun kamu pasti akan bersinggungan dengan komputer. Kamu bisa menggunakannya untuk membuat newsletter yang mengagumkan atau sesimpel mendesain email yang keren untuk pelanggan. Mengerti kode menjadi nilai tambah dan keuntungan sendiri karena teknologi adalah bagian dari masa depan.

  1. Kesempatan Yang Tak Terbatas

Teknologi membuka kesempatan yang besar untuk jenis pekerjaan baru. Saat ini wifi dan smartphone memungkinkan banyak orang untuk bekerja jarak jauh, dimana saja dan kapan saja, karena itu memiliki pengetahuan teknologi dan coding akan sangat membantu. Coding juga mendorong kewirausahaan karena cara tercepat untuk mengembangkan produk dan layanan yang baru dan inovatif adalah dengan teknologi.

  1. Mengasah Kreatifitas dan Problem Solving

Saat ini kreatifitas tidak terbatas hanya pada seni lukis atau musik, tapi sudah merambah kedunia digital seperti membuat website. Menurut Jason Togyer, dari Carnagie Mellon University School of Computer Science, Computational Thinking dapat membantu kita dalam memecahkan masalah dan memahami pelajaran yang berbasis seni. Coding merupakan contoh berpikir out of the box yang baik karena kita dapat leluasa untuk berkarya. Selain itu kita juga akan lebih terbiasa berpikir terstruktur, sistematis dan efisien.

  1. Kesempatan Untuk Membuat Perubahan

Belajar coding memberi  kamu kesempatan untuk menjadi lebih produktif, karena kamu tidak hanya menjadi pengguna aplikasi tetapi menjadi pembuat aplikasi yang dapat membantu dan diakses banyak orang. Mark Zuckerberg membuktikan ini dengan membuat Facebook yang telah berhasil mengubah cara jutaan orang bersosialisasi dan berinteraksi di dunia maya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *